Boras Pihir

Boras Pihir

Monday, November 29, 2010

SEJARAH BERMULA


ACARA MARSOMBUH SIHOL DAN PELANTIKAN PENGURUS PMS DPC KOTA BATAM
“Hordong ni langgeimu, rigatan bulung birah,
Ganupan holong ni ateimu, maningun ingatan do magira”
Berawal dari “dinamika” grassroots dari beberapa tumpuan marga simalungun dan tumpuan parsahutaon orang orang simalungun di batam, seperti STM damanik, stm purba, stm garingging, stm sipayung, stm girsang, tumpuan haroan, tumpuan hupados, IKEIS, dan beberapa tokoh tokoh leading simalungun di batam atau yang dikenal sebagai “si suan buluh” seperti Bp Op. CY Purba, Bp JAsarmen Purba, Bp samen girsang, akhirnya sesuatu yang bersifat masih “abstrak” berubah menjadi Kristal-kristal tekad serta komitmen, yakni KITA HARUS MENDIRIKAN PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN KOTA BATAM, sebagai induk organisasi simalungun dikota batam tercinta ini. Simalungun harus mendeklarasikan dirinyan dan menjadi existensi secara utuh, defacto dan de jure. Sosialisasi selanjutnya bergulir ke setiap kesempatan kumpulan STM, gereja, dan pengajian muslim simalungun. Sungguh cita cita luhur ini lahir dari akar bawah(bottom up) bukan dipesan atau dipaksakan dari atas(top down). InIlah sesungguhnya kekuatan yang sejati dan sekaligus jaminan terhadap aktivasi dan produktivitas dari organisasi ini di hari kelak.
Akhirnya, Pada tanggal 26 maret 2009, bertempat di ruko Tianshi panbil malll, muka kuning, diselenggarakanlah stadium generale dari seluruh kumpulan marga, parsahutaon dan tokoh-tokoh simalungun tadi yang akhirnya pula menghasilkan terbentuknya panitia pelaksana acara pesta marsombuh sihol simalungun dan pelantikan pengurus partuha maujana simalungun(PMS) se batam. Ketua pelaksana dipercaya kepada Rustam Sinaga, SE dan Sekretaris umum Sahman Purba, SIP. Rapat ini juga menghasilkan keputusan pembentukan team formatur pembentukan kepengurusan pms kota batam, yang diketuai oleh Op CY purba, angggotanya seperti Jasarmen purba, SH, Sarmen Girsang, ST, Rhadiapoh sinaga, Charles Girsang, SE, Rustam Sinaga, SE, Jhon tua Saragih, Bentul Damanik, Jansaner Sipayung, Ramansyah saragih, SE.
Episode Selanjutnya adalah kerikil dan batu, perjalanan panjang yang penuh dengan beban dan ujian super berat. Merintis alias bermula dari nol, sungguh teramat menguji ketahanan moral dan kekuatan berpikir . Bagaimana tetap menjaga komunikasi dan komitment diantara kawan-kawan kepanitian.Untuk harus tetap optimis, harus terus maju. Di dada tetap yakin, ibaratkan pun ini badai maka satu hal yang pasti bahwa tidak ada badai yang tidak berlalu. This is one way ticket, no return indeed. Nini umpasa “ pitta-pitta suri suri mardapot, sonaha na I pitta, sonin ma na dapot” .
The Paragat Spirit
Layak dan tepat. Jelas inilah sebutan yang diberikan ketika “fenomena sang paragat” menjadi analogy sekaligus morfosa dari perjuangan panitia dan team formatur. Pekerjaan ini tidaklah mudah dan terbukti dari sempat tertundanya pelaksanaan acara dari rencana awal pada juni 2009 lalu, hingga baru terlaksana pada 27 November 2010 yang lalu. Seorang paragat memang menginspirasi komitmen dan loyalitas personal yang tak tertandingi. Keinginan dan cita cita setinggi langit bahkan “out of the boxes”. Memang sudah terbudaya mengingat paragat senantiasa bekerja mencapai dan berada di “ketinggian”. Komitmen dan loyalitas juga tak terbantahkan. Mengapa tidak seora ng paragat akan senantiasa patuh dan konsisten dalam mengemban amanat profesi dan kerjannya. Walaupun larut malam, hujan deras serta petir menyambar-nyambar hingga bertaruh nyawa, tetapi paragat akan tetap setia selalu “mangagati” bagot/mergatnya bahkan menyongsong sang kilat dan petir ke ujung langit. Profesi ini memang tidak memberi pilihan, “today or tomorrow will be no more”. “fight the imppsible, leave the giving up”.
Buah Dari Kesetiaan
Halak na bujur, sai tong do I apiti Tuhan YME. Halani sura-sura dumma i suan, ipupuk gabe marbuah tongon. Persisnya pada akhir bulan agustus 2010, setelah warga batam selesai dengan gawe pilgub kepri, rencana aksi kembali di start up, lebih konsisten, details dan terjadwal. RM ampera barangin menjadi saksi sejarah cikal bakal, proses dan perjuangan menuju Unifikasi simalungun se batam dalam wadah Partuha Maujana simalungun(PMS). Pada Bulan bulan terakhir, harus diakui dan di aminkan bahwa peranan dan kontribusi beberapa tokoh-tokoh simalungun di batam seperti OP CY Purba, Djasarmen Purba, SH, Samen Girsang,ST Rhadiapoh Sinaga, Ir Mulia Rindo Purba, MSP, Tuahman Purba, SH, menjadikan laju kerja panitia menjadi melesat kencang, bahkan dalam irama yang mendekati harmonisasi sempurna. Team formatur yang sudah dibentuk juga tidak ketinggalan kalah semangat, pada 24 Oktober 2010, dilaksanakan pula rapat tim formatur yang bertempat di kediaman Jasarmen purba, SH, dan sebagai hasil dari rapat team formatur maka ditetapkan lah Jasarmen Purba, SH sebagai pemangku jabatam ketua partuha Maujana Simalungun DPC kota batam periode 2010-2015. Selanjutnya ketua terpilih, dengan asistensi anggota team formatur serta panitia pelaksana melakukan penyusunan perangkat kepengurusan partuha maujana simalungun DPC kota batam untuk masa bhakti 2010-2015, yang meliputi wakil ketua, sekretaris dan wakil sekretaris, bendahara dan wakil bendhara, ketua-ketua bidang beserta angota-anggotanya serta seorang pejabat fungsional yakni sekertaris eksekutif .
Sesuai target panitia, terutama sekali adalah target keuangan yang memang mengalir secara melimpah dari hari ke hari, terutama dari Jasarmen Purba, SH, Rustam Sinaga, SE, Rhadiapoh Sinaga, Tuahman Purba, SH, Ir Mulia Rindo Purba, MSP. Dan pada titik kulminasi persiapan panitia, rapat akbar dan final yang dilangsungkan sehari sebelum acara deklarasi, yakni pada 26 november, malam hari, bertempat di kediaman Djasarmen Purba, SH, PAnitia pelaksana dan candidate kepengurusan PMS Kota Batam 2010-2015 membuat kesatuan tekad secara bulat, SABTU, 27 November 2010, Acara Pesta marsombuh sihol simalungun se batam dan pelantikan kepengurusan Partuha Maujana Simalungun(PMS) DPC kota Batam, pasti berlangsung secara lancAr dan meriah.
On Ma PAnorang
Sabtu, 27 November 2010, bertempat di Auditorium Politeknik Batam, Sura-sura luhur dan terdalam, mimpi yang sudah lama dan berkepanjangan, terjawap dan nyata sudah. Bagaikan siraman air diatas tanah yang kering nan dahaga. Seperti matahari yang memecah kekakuan sang fajar, seiring dengan mengentalnya komitment dan keteguhan identitas diri simalungun se batam. On Ma panorang, hari ini dan untuk selamanya. Dimulai dengan kehadiran dari masyrakat simalungun yang sungguh melampaui target kuantitas panitia, dari catatan panitia, tidak kurang dari 2000-an orang yang membuat tempat acara penuh sesak bahkan hampir tidak dapat menampung “halak simalungun” yang datang. Tokoh-tokoh simalungun sebatam bahkan se kepri juga turut tidak ketinggalan, dari Lobam, tg pinang dan karimun. Di batam sendiri, tokoh tokoh puak-puak marga yang ada juga turut serta hadir, utusan partuha maujana simalungun dari Jakarta dan PEMKAB Simlaungun yang datang menjadikan acara ini menjadi begitu lengkap. Sempurna akhirnya,, ketika acara ini juga dihadiri oleh pejabat walikota batam dan wakil walikota batam, anggota DPRD batam, kepala dinas bahkan candidate cawako/cawawako yang sebenarnya akan bertarung pada pilwako batam 2011. Sungguh sebuah harmony yang menenteramkan jiwa dan kalbu.
Acara yang dimulai dari pukul 19.00 WIB, terasa berlalu begitu cepat . Acara demi acara berlalu, seperti prosesi, pelantikan ketua PMS, peneguhan kepengurusan, tari persembahan dari seluruh sector-sektor masyarakat simalungun di kota batam, persembahan lagu oleh artis artis undangan dan local seperti Lamser girsang, kasbentur sinaga, fitri br sinaga, trio simanja, trio desima, Novel br Purba, seolah menebar nikmat dan sihir yang melambungkan angan dan kerinduan simalungun akan diri dan jati dirinya. Kalau lah aku bias memutar ulang kembali waktu, passtilah akan aku lakukan. Nimatnya masih terasa dan terus-terusan, demikian simpulan dari kesan setiap warga simalungun yang datang. Hingga Di ujung acara sekalipun, walaupun waktu sudah menunjukkan jam 24.00 WIB, ruangan Acara masih dipenuhi oleh peserta acara . Persembahan lagu secara kolaboratif dari seluruh artis artis undangan dan local serta pencabutan nomor undian grand prize berupa sebuah motor Suzuki menjadi titk kulminasi dari acara MARSOMBUH SIHOL SIMALUNGUN SE BATAM DAN PELANTIKAN PENGURUS PARTUHA MAUJANA SIMALUNGUN(PMS) PERIODE 2010-2015. Kita sudah bertemu muka, berreuni, bermomeri ria sembari mengingat masa lalu dan melepas kerinduan kita. Menjadi sempurna adanya ketika PMS kota batam sudah secara de facto dan de jure berdiri. Ini lah existensi kita dan wadah kita simalungun se batam. Ke masa hadapan, tentunya organisasi PMS harus menunjukkan eksistensinya melalui terobosan program dan rencana aksi, baik ke internal anggota maupun eksternal masyarakat batam secara luas. Terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak dan warga simalungun se batam. Tuhan yang Maha Esa melimpahkan rahmat dan karuniaNya kepada seluruh Masyarakat simalungun se antero Kota Batam dan kepulauan Riau. Mengutip pesan pamungkas KEtua PMS DPC Kota Batam Djasarmen Purba, SH bahwa sesuai dengan kredo PMS maka bergotong royong adalah kunci sukses seluruh program PMS ke hari hadapan (sapangambei manoktok hitei) dan Jadilah Simalungun yang hidup atas dasar prinsip kebenaran, yakni hidup jujur, taat azas, bersih dan terpercaya sebagaimana motto Habonaran do Bona !!!
Posted by Sahman Purba Tambun Saribu, SIP.
Wakil Sekertaris PMS DPC Kota Batam/Sekretaris Eksekutif.

No comments: